Wednesday, October 12, 2011

KERASNYA KEHIDUPAN


Namaku ratih ,aku sekolah di SMPN 2 TRAWAS .
Oh ya aku ingin sedikit bercerita tentang cerita hidupku yang pernah aku jalani .waktu pertama aku masuk sekolah , aku bertemu dengan seorang cewek yang bernama rena .waktu itu dia adalah satu – satunya orang yang aku kenal dan sampai sekarang dia masih menjadi sahabatku . lama kelamaan aku berada disekolah ini aku mulai mengenal banyak teman dan aku juga mempunyai sahabat .Meraka adalah Resti , Vita ,Mikha ,Rani , Shinta dan Rena . Mereka sahabat yang baik yang pernah aku kenal dan mereka juga orang yang bisa ngerti perasaan orang lain .
Hari demi hari aku lewati  bersama sahabat-sahabatku disekolah . persahabatanku pernah mengalami perpecahan , pada hal kami sudah hampir 3 tahun bersahabat .Penyebab perpecahan itu tidaklah rumit ,hanya kesalah pahaman saja . Dan kami tidak menyadari hal itu.
Kejadianya  adalah pada waktu kami sedang asyik berbincang – bincang tiba – tiba ada seorang cewek yang mendekati kami . dan salah satu sahabat kami yaitu resti di.setelah mereka selesai berbicara kami pun tanya . “ada apa Ras ?..apa yang terjadi “ kata vita dengan senangnya .kemidian rasti pun menjawab .tidak ada apa “ kok vit “ kami pun heran dengan rasti  tidak seperti  biasanya dia bersikap aneh seperti itu . Pada hal dia kan sahabat kita yang selalu ceria “ kata shinta : dengan heran . “ Kita harus cari tahu apa yang terjadi dengan rasti “ kata mikha.
Keesokan harinya rasti pun menanyakan sesuatu kepada vita , tapi dia kelihatanya sangat marah sekali .rastipun bertanya vit kenapa kok kamu tega sekali kepada aku .: vita menjawab “ Tega maksud kamu gmn sih aku gak pernah berbuat apa – apa kepadamu “ dengan exspresi yang sangat kaget sekali “ sudahlah vit kamu gak usah ngelak dech aku sudah tau kamu kan yang sudah ngejelek – jelekin aku didepan semuanya .kenapa kamu gak bilang aja kepadaku ?? kenapa harus bilang adja kepadaku ?? kenapa harus bilang kepada orang lain .?? apakah ini yang dinamakan sahabat ?? kata rasti dengan marahnya kemudian kami berusha untuk menahan emosi  rasti .Dan kami pun mencoba membujuknya agar mau menceritakan kejadian yang sesungguhnya .Tapi kami semua tidak berhasil malahan kami ikut dimarahi sama dia dia mengira kalau kita juga ikut dimarahi sama dia mengira kalu kita juga ikut mengadu domba.kira – kira kurang lebih 3 hari rasti tidak mau berbicara. Sama kita semua .kami berusaha membujuknya kembali mungkin dia udah capek dengan ini semua . dan kemudian dia menceritakan disekolah .gini lho ceritanya “ beberapa hari yang lalu saat kami sedang kumpul –kumpul ,aku dipanggil oleh Rara .katanya vita sudah menjelek – jelekkan aku didepan semua orang .Aku sih gak begitu percaya .tapi dengar ceritanya yang begitu meyakinkan jadi aku percaya .seharusnya kamu gak boleh percaya begitu aja . kan kamu belum tahu persis apakah cerita itu  benar atau tidak kata shinta .” lalu aku harus bagaimana  “ sahut rasti kebingungan kemudian kami pun memberi solusi agar dia tidak salah paham . “ sebaiknya kamu cari tahu yang sebenarnya jangan terlalu percaya pada orang lain  “ tak tersa bel pulang pun berbunyi , kami semua hendak bergegas pulang kemudian sepulang dari sekolah aku mencari tahu yang sebenarnya .dan ternyata semua itu agar persahabatan kita hancur  kami mencoba bertanya kepada rara  apa sebabnya dia melakukan hal itu . Dan Rara pun bercerita katanya karena dia  iri dengan persahabatan kami yang begitu kuat . maka dari itu dia berusaha menghancurkanya agar tidak ada persahabatan .
Pada waktu disekolah kami semua berkumpul dan rara pun kami ajak agar semua teman – temanku tahu kejadian yang sebenarnya . aku pun menyuruh dia untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya aku sudah mengadu domba persahaban kalian .aku iri dengan persahabatan kalian “ kata rara menjelaskan .”  kenapa kamu harus iri dengan persahabatan kami tanpa sahabat kami tidak akan bisa berjuang “ sahutku  “ aku iri dengan kalian soalnya aku tidak pernah mempunyai sahabat teman aja aku gak punya , apalagi sahabat itu semua gak akan terjadi dalm hidupku karena tak ada seorang pun yang mau dekat denganku    “ kata siapa ??? jangan putus asa dulu sebelum kamu mencobanya .kami mau kok menerima kamu menjadi sahabat kami kami semua sudah maafin semua perbuatan kamu kata vita mencoba untuk menenangkan .
Akhirnya persahabatan kami kembali rukun dan melahan tambah satu orang lagi .kami pun menjadi senang dan bahagia rara juga merasakan hal yang sama dengan kami semua . Dia juga mengalami perubahan sejak kejadian tersebut .Dia berubah menjadi rajin dan baik tidak seperti dulu yang malas dan suka menghancurkan kesenangan orang lain aku sangat bersyukur karena bisa membuat orang menjadi lebih baik lagi.
Selain sahabat aku juga mempunyai sahabat yang sangant dekat dengan aku namanya Dewi.kehidupannya serba kukurangan aku merasa iba dengan keadaan keluarganya . Walaupun hidupnya sederhana aku juga ingin membantunya dan juga memberi suport  agar tidak putus asa .
Pada waktu hari minggu ,aku main kerumah Dewi aku berangkat sangant pagi sekali karena aku ingin mengetahui kegiatannya sehari – hari ternyata pada saat aku sudah sampai dia mau pergi kepasar jajanan gorengan untuk dijual . Tanpa membuang – buang waktu aku pun tanpa membuang – buang waktu aku pun segera membantu dewi untuk belanja itu . setelah selesai belanja kami segera pulang . Sesampainya dirumah aku dan dewi segera pulang .dengan bersih dan menyehatkan . Aku mencoba membuat salah satu gorengan itu  dan yang aku buat bahan bakunya terbuat dari singkong . ternyata tidak gampang membuat jajanan tersebut akupun segera mengasihkan kepada yang sudah terbiasa membuatnya.aku sangant salut dengan dewi dia begitu tegar dengan cobaan yang diberikan oleh ALLAH SWT.dan dia begitu ihklas  menghadaoi itub semua tanpamengeluh sedikit pun.
Perjalan kita belum terlalu jauh ,tapi sudah ada orang yang membeli gorengan kami . dan tak terasa hari pun sudah mulai sore kami berdua bergegas pulang karena kami takut kalau ibunya dewi khawatir dan akan menacari kami . Alhamdulillah dagangan kami kami terjual habis .
Beberapa dirumah dewi karena kalau dirumah aku kesepian .Dan aku diperbolehkan oleh kedua orang tuaku .Akupun sedang beristirahat bersama dewi karena capek seharian berjalan terus . Tak lama kemudian dewi dewi dipanggil oleh ibunya katanya ia disuruh untuk mencari ikan disungai untuk makan malam nanti . Aku jadi berfikir kalau lama – lama disini aku akan menambah beban dewi dan ibunya . akhirnya aku putuskan besok malam pulang kalau sudah selesai membantu semuanya .tak lama kemudian aku juga mendapat ikan yang banyak . dan kami berdua terus mencari ikan dengan senangnya . Tak terasa hari sudah mulai petang . Kami segera pulang dan alhamdulillah ikan yang kami dapat sudah cukup untuk makan malam hari ini.
Kami berdua sudah sampai rumah ikan – ikan itu kami kami berikan kepada ibunya dewi agar segera dimasak .sambil menunggu ikan matang , kami kami hendak membersihkan diri karena dari tadi beraktivitas terus belum sempat membersihkan diri . kami berdua sudah selesai membersihkan diri dan ikan –ikan yang kami dapat tdai sudah selesai dimasak .dan siap untuk disantap untuk makan malam .setelah makanmalama selesai aku dan dewi segera membersihkan  makanan. Beserta piring – piring yang tadi dibuat makan .
Setelah itu kami berdua kekamar untuk tidur aku mau berbincang – bincang sama dewi , oh ya wi aku boleh gak bertanya – tanya kepadamu ? tapi kamu harus janji , kamu tidak boleh tersinggung dengan pertanyaaanku aku gak bermaksud menyinggung perasaanmu , aku Cuma ingin tahu aja. Dewi pun menjawab dengan senyumnya .” iya kok gpp tanya aja silahkan . aku akan menjawab dengan sejujurnya . “   aku pun mulai bertanya “ apakah kamu ikhlas dengan sabar menghadapi nasibmu sekarang ini ... dan apakahkamu tidak ingin merubah hidupmu menjadi lebih baik lagi ?  kalu aku sih ya ikhlas aja menghadapi cobaaan ini . karena nasib kita semua adalah diatur oleh allah . dan rezeki seseorang juga sudah diatur , kita tinggal menjalani dengan sabar dan ikhlas . dan kalau masalah ingin merubah kehidupan itu pasti . karena semua orang pasti ingin merubah kehidupanya .menjadi lebih baik lagi . Makanya perbanyak aja beribadah .sama ALLAH .siapa tahu dengan beribadah kepada allah SWT .bisa merubah nasib menjadi lebih baik .dan apabila nasib kita sudah enak tetap bersyukur. Kepada Allah atas segala kenikmatan yang telah kita dapat.ternyata dewi sudah ngantuk dan capek kami pun tidur .
Hari sudah mulai pagi . aku segera bangun dari tidurku dan aku juga membangunkan dewi setelah kami keluar dari kamar dan ingin mandi aku melihat ibu dewi yang sudah sibuk dengan pekerjaanya yang dia lakkan  aku pun tertarik untuk membantunya dia membuat anyaman yang terbuat dari bambu . nantinya akan dijal di pasar , anyaman yang dibuat ibunya dewi cukup bagus sayangnya harga anyaman itu sangat murah sekali tidak sebanding dengan tenaga untuk membuatnya dia membuat anyaman .
Selesai mandi aku ikut ibunya dewi manjual anyaman dipasar , sementara itu dewi dirumah membarsihkan pekerjaan rumah . aku bersama ibunya dewi segera pergi kepasar jarak rumah dewi dengan pasar lumayan jauh tak terasa aku sudah sampai dipasar . Tanpa  menunggu aku dan ibu dewi segera menempati tempat yang biasanya dibuat jualan . setelah kurang lebih 30 menit kita menunggu , ternyata ada yang mau membeli anyaman ibu dewi . Dan tak kusangka semua anyaman yang dibuat tadi diborong oleh pembeli tadi . katanya dia sangat membutuhkan banyak anyaman seperti ini kami segera berkemas – kemas dan segera pulang karena dewi sudah menungguku .
Sesampainya dirumah kelihatanya dewi kebingungan kk tidak seperti biasanya ibunya pulang cepat . aku kasihan melihat dia kebingungan , akhirnya aku jelaskan semuanya dan mendengar itu dewi sangat bersyukur sekali dengan rezeki yang diberikan oleh Allah . Kemudian dewi disuruh ibunya untuk mencari kayu bakar untuk dibuat api .karena dia masih belum mempunyai elpiji . tapi semua itu tidak masalah buat dewi dan ibunya . Tanpa membuang – buang waktu aku dan dewi langsung mencari kayu bakar .Kata dewi langsung pergi mencari kayu bakar itu tidak mudah , kita harus mencari dengan sabar  dan penuh kerja keras kadang kala ada orang yang mencari kayu bakar tapi malah kayu bakar orang lain yang diambil . katanya dia sudah capek mancari – cari tapi gak dapat – dapat menurutku cari kayu bakar itu gampang – gampang susah .
Tak terasa sambil berbincang – bincang akhirnya kami mendapat kayu bakar juga . walaupun tidak terlalu banyak tapi kami sangat senang sekali . kami terus berjalan untuk mencari kayu bakar . Dan alhamdulillah kami mendapat banyak kayu bakar . mungkin cukup untuk membuat api hari ini untuk menggoreng jajanan yang akan dijual nanti setelah selesai kami pun bergegas pulang sampai dirumah kami langsung membantu ibu dewi membuat jajanan yang akan di jual nanti . setelah kurang lebih dua jam kami membua gorengan , ternyata selesai juga . Dan kami langsung menjual gorengan yang telah dibuat tadi . hari ini sepertinya agak kesiangan karena tadi kami mencari kayu bakar dulu dan sampai dirumah juga siang mudah – mudahan saja gorengannya laku semua dan mendapat uang yang banyak .
Tanpa membuang – buang waktu kami segera berangkat mencari rezeki kami terus – menerus menjajakan jualan kami tak terasa ada juga orang yang membeli gorengan kami sudah lama kita menjajakan jualan kai . Dan akhirnya habis juga gorengan kami , hasiknya pun juga memeuaskan kami pun segera pulang dan hari pun sudah mulai sore .akhirnya sampai juga kami dirumah aku segera mandi karena sudah gerah sekali . selesai mandi aku menuju keruang tengah kami sekeluarga kumpul bersama rasanya nyaman sekali berkumpul dengan keluarga yang sangat damai walau pun hidup berkekurangan tapi keluarga ini sangat mensyukuri dengan rezeki yang telah diberikan oleh allah .tak terasa sekali aku sudah di jemput oleh ayahku soalnya besoknya aku sudah mulai sekolah .
Dari keluarga dewi ini aku bisa mengambil hikmah kalu kita sebagai manusia tidak boleh sombong , kikir , dan harus mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Allah dan karena rezeki dan nasib kita semua sudah diatur oleh allah .
Dan tentang persahabat . kita tidak boleh egois menjadi sahabat dan harus mengerti satu sama lain tanpa sahabat kita tidak akan bisa maju dan hidup rasanya kurang lengkap.  
 
BIODATA
Nama      : Ratih Oktaviani
TTL         : Mojokerto , 15 Oktober 1996
Alamat    : Dsn. Sumber  Sari Ds.Keaiman
Motto      : Hidup itu penuh kerja keras .so , jalani hidup   
                  dengan penuh keikhlasan dan kesabaran .

   

No comments:

Post a Comment

Tutorial Pengelolaan Google Classroom