Thursday, March 22, 2012

STICK ES CREAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA










Nama Media           :      Stick Kalimat Majemuk
Mata Pelajaran        :      Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       :      IX / Genap
Bentuk Media         :      Stick Es Ditempeli Stiker Kalimat Majemuk
Tanggal Pembuatan :      31 Januari 2012

1.        Standar Kompetensi    :      Menulis Kalimat Majemuk
2.        Kompetensi Dasar       :      Peserta didik mampu menggunakan kalimat majemuk
3.        Indikator                     :       
       (1)   Mampu menentukan kalimat majemuk setara
       (2)   Mampu menentukan kalimat majemuk bertingkat
       (3)   Mampu menentukan kalimat majemuk campuran
       (4)   Mampu membuat kalimat majemuk setara
       (5)   Mampu membuat kalimat majemuk bertingkat
       (6)   Mampu membuat kalimat majemuk campuran
4.        Alokasi Waktu    :      2 x 40 menit (1 pertemuan)
5.        Alat dan Bahan   :      Gunting, Kertas Sticker, Stick Es Cream, Kamera Digital, Laptop
6.        Prosedur Pembuatan             :    
       (1)  Persiapan alat dan bahan 
       (2)  Membuat teks menggunakan program Ms Word melalui Laptop sesuai ukuran stick es cream
       (3)  Mencetak teks di atas kertas sticker
       (4)  Menggunting teks
       (5)  Menempelkan hasil guntingan di salah satu sisi stick es cream

7.        Prosedur Penggunaan          :       
      (1)  Mengkondisikan peserta didik dalam kelompok (tiap kelompok terdiri dari 4 orang) di ruang kelas.
      (2)  Memberi pengantar tentang langkah dan tujuan pembelajaran serta peranan penggunaan media
      (3)  Stick Es yang telah ditempeli sticker diletakkan di sebuah meja secara acak.
      (4)  Satu orang anggota pada tiap-tiap kelompok dipersilahkan mengambil beberapa stick es dan 
             menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan batas waktu 1 menit. Dilanjutkan dengan anggota 
             ke dua, ke tiga, dan ke empat.
      (5)  Tiap  kelompok mengamati stick es yang didapat dan menyalin kalimat tersebut di Lembar kerja 
             yang telah disediakan.
      (6)  Peserta didik berdiskusi untuk menentukan kalimat majemuk yang didapat dengan benar
      (5)  Wakil dari tiap kelompok mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas, kelompok lain 
             memberikan tanggapan.
      (6)  Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang kalimat majemuk di akhir pelajaran.



                                                                                                   Mojokerto, 31 Januari 2012
              Mengetahui                                                                    Penyusun,
              Kepala UPTSP SMPN 2 Trawas                                   



              Hj. Aslikhatul Mahmudah, S.Pd., M.Pd.                   Sri Winarni, S.Pd.
              NIP 196212271983022004                                         NIP 197201012007012032





 

URUTAN KERJA PEMBUATAN
MEDIA PEMBELAJARAN


Nama Media                   :      Stick Kalimat Majemuk
Mata Pelajaran               :      Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :      IX / Genap
Bentuk Media                 :      Stick Es Ditempeli Stiker Kalimat Majemuk
Tanggal Pembuatan        :      31 Januari 2012


A.        PROSES PEMBUATAN
1.         Persiapan alat dan bahan
Gunting
Kamera Digital
Kertas Setiker
Stik Es Cream

 








Laptop
     








        








                                
2.         Membuat teks menggunakan program Microsoft Word melalui Laptop sesuai ukuran stick es cream







3.         Mencetak teks di atas kertas sticker
     
 







4.         Menggunting teks










5.         Menempelkan hasil guntingan di salah satu sisi stick es










6.         Hasil Akhir









B.        Prosedur Pengggunaan
1.            Guru mengkondisikan peserta didik dalam kelompok (tiap kelompok terdiri dari 4 orang) di ruang kelas









2.            Memberi pengantar tentang langkah dan tujuan pembelajaran serta peranan penggunaan media









3.            Stick Es yang telah ditempeli kertas sticker diletakkan di sebuah meja secara acak

 4.         Satu orang anggota pada tiap-tiap kelompok dipersilahkan mengambil beberapa stick es dan menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan batas waktu 1 menit. Dilanjutkan dengan anggota ke dua, ketiga, dan ke empat.









5.            Tiap kelompok mengamati stick es yang didapat dan menyalin kalimat tersebut di Lembar kerja yang telah disediakan.









6.            Peserta didik berdiskusi untuk menentukan jenis kalimat majemuk yang didapat  dengan benar









7.            Wakil dari tiap kelompok mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas,  kelompok lain memberikan tanggapan.










8.            Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang kalimat majemuk di akhir pelajaran.




        





                                                                                                   Mojokerto, 31 Januari 2012
              Mengetahui                                                                   Penyusun,
              Kepala UPTSP SMPN 2 Trawas                                   



              Hj. Aslikhatul Mahmudah, S.Pd., M.Pd.                   Sri Winarni, S.Pd.
              NIP 196212271983022004                                         NIP 197201012007012032


6 comments:

  1. bu, ada buku sumbernya ga, tentang media stick?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, itu hasil kreasi saya sendiri.

      Delete
    2. ibu, ada nggak hasil penelitian ttng kefektifan penggunaan media stik ice cream ini?

      Delete
  2. ijin copas ya bu...

    ReplyDelete

Tutorial Pengelolaan Google Classroom