ARTIKEL



Metode “Reportpresent”
Untuk Melaporkan Berbagai Peristiwa


Sri Winarni
Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia UPTSP SMPN 2 Trawas Mojokerto
Hp : 081230681051



ABSTRACT

Metode “Reportpresent”  sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kompetensi dasar yang paling tepat dengan menggunakan metode “Reportpresent” yaitu KD melaporkan berbagai peristiwa. Dengan metode “Reportpresent” peserta didik menjadi lebih aktif dalam menyampaikan informasi yang berhubungan dengan peristiwa yang terjadi. Peserta didik juga lebih kreatif dan atraktif dalam menyampaikan informasi baik dari segi bahasa maupun segi penampilan.

Kata Kunci : melaporkan berbagai peristiwa, reportase dan presentasi

PENDAHULUAN

Keterampilan berbahasa sangat diperlukan dalam berkomunikasi. Dalam berkomunikasi terutama berkomunikasi secara lisan setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda. Perbedaan keterampilan berbahasa ini sudah pasti memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap berhasil atau tidaknya sebuah penyampaian informasi. Orang yang memiliki keterampilan berbahasa yang bagus maka setiap informasi yang disampaikan akan diterima dengan baik oleh siapapun. Sebaliknya orang yang memiliki keterampilan berbahasa di bawah rata-rata maka informasi yang disampaikan tidak akan berhasil dan menimbulkan kesalahfahaman.
 Kemampuan berkomunikasi secara lisan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX semester ganjil terdapat kompetensi dasar melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas. Dalam kompetensi dasar ini setiap peserta didik dituntut untuk mampu berkomunikasi secara lisan. Peserta didik harus mampu menyampaikan informasi berdasarkan peristiwa yang terjadi secara lisan di hadapan peserta didik yang lain. Sementara rata-rata kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan sangat rendah.
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya yaitu 1) faktor psikologis, 2) faktor sarana dan prasarana, dan 3) faktor guru. Faktor psikologis yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan berkomunikasi secara lisan bagi peserta didik yaitu rasa malu. Peserta didik merasa malu untuk berbicara di hadapan temannya sehingga tidak dapat menyampaikan informasi dengan baik dan lancar. Faktor yang kedua yaitu faktor sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran yang masih kurang memadai.
........ (bersambung)


No comments:

Post a Comment

Tutorial Pengelolaan Google Classroom